Espresso




Espresso adalah jenis penyajian kopi dengan menggunakan mesin penyeduh dengan tekanan tinggi, ciri yang khas dari jenis sajian kopi ini adalah terdapatnya crema diatas kopinya yang menandakan bahwa kopi itu masih fresh.

espresso berasal dari italia yaitu express yang berarti diminum secara singkat, karena memang orang itali membuat dan menikmati kopi jenis ini secara cepa.
kopi espresso kerap dijadikan sebagai base jenis kopi lain seperti ristretto, lungo, doppio, americano, long black, latte, cappucino, macchiato, mochaccino, Affogato, con panna, black eye,

1. Ristretto
Ristretto adalah minuman yang isinya hanya setengah dari espresso. Takaran kopinya sama, tapi dengan dosis air yang lebih sedikit. Takaran sajiannya dalam satu cangkir kira-kira hanya 15-20 ml

2. Doppio
doppio adalah dua kali takaran espresso. Doppio biasanya disajikan 60 ml dalam satu cangkir. Orang-orang yang hendak memesan doppio terkadang juga menyebutnya dengan double shot.

3. Lungo
Lungo menambahkan dosis air pada satu takaran espresso-nya. Hal ini membuat proses ekstraksinya pun lebih lama. Secangkir lungo disajikan sekitar 130-170 ml.

4. Americano
Konon katanya amreicano dibuat sebagai ejekan karena orang amerika menginginkan espresso yang lebih encer dengan menambahkan air panas. jadi americano adalah espresso yang lebih encer dan ringan

5. Long Black
long black hampir sama dengan amrecano, namun yang membedakan adalah long black disajikan dengan cara air panas yang di beri espresso jadi masih terdapat crema di atasnya karena tidak pecah oleh air panas seperi americano

6. Latte
Komposisi latte adalah espresso yang kemudian dicampur dengan susu yang di-steam atau dipanaskan dengan uap. Susu yang dipanaskan dengan uap akan semakin kental dan membentuk buih, foam, atau froth.

7. Cappuccino  
Hampir sama dengan latte namun pada minuman jenis ini, Bedanya komposisi susunya lebih sedikit dan buih susunya lebih tebal.  Perbandingan komposisi cappuccino adalah sepertiga espresso, sepertiga susu steamed, dan sepertiga buih susu.

8. Machoatto
Macchiato dalam bahasa Italia berarti tanda atau bercak. Bercak yang dimaksud adalah buih susu yang menimpa espresso, atau sebaliknya, espresso yang menimpa susu

9. Mochaccino
Mochaccino merupakan perpaduan espresso, susu steamed, dan cokelat

10. Affogato
ffogato adalah sajian espresso dengan satu atau dua sendok es krim. Umumnya, es krim yang digunakan adalah es krim khas Italia, yaitu gelato.

11. con panna
Con panna adalah jenis minuman kopi yang terdiri dari espresso dan whipped cream.

12. Black eye
black eye menggunakan kopi hitam sebagai tambahan espresso-nya. Kopi hitamnya bisa dibuat menggunakan perkolator maupun dengan metode manual brew.
Next Post Previous Post